Jika anda klik banner di bawah ini, maka hidup anda adalah selangkah lebih maju.

RAHASIA PENGHASIL UANG

RAHASIA PENGHASIL UANG
INI RAHASIA PENGHASIL UANG DARI INTERNET

Selasa, 21 April 2015

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula



Perkembangan dunia internet dewasa ini melaju demikian cepat. Berbagai dimensi telah dilalui oleh media ini. Internet telah membentuk peradaban baru dunia modern. Berbagai sisi kehidupan kita kini semakin tidak terlepas dari keberadaannya. Betapa tidak, setiap informasi yang kita butuhkan, hampir bisa dipastikan tersedia di belantara internet. Internet sangat kompleks dan bersifat global. Berbagai macam informasi mulai dari hal-hal umum seperti masalah ekonomi, politik dan social budaya, hingga hal-hal yang bersifat spesifik.
Semakin bertambah tahun, perkembangan internet di Indonesia semakin meningkat pesat. Tentu, itu adalah kesempatan untuk mendapatkan uang dari internet. Mengingat zaman sekarang bisnis online sudah menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak, sudah banyak di publikasikan di media Tv dan Koran banyak pengusaha online yang sukses? Mungkin sobat pernah mendengar Habibie Hafsya, Cosa Aranda, dll, mereka adalah pebisnis online yang sukses yang rumahnya bisa dicari.
Banyak pengangguran Indonesia, adalah permasalahan serius bagi pemerhati social. Mereka yang menganggur bukan karena tidak mau bekerja namun mereka belum mendapatkan pekerjaan. Mereka yang menganggur bukan orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan namun mereka juga dari lulusan S1, D3, SMA. Tentu, penyebabnya adalah ketatnya persaingan dalam dunia kerja. Masalah ini, bisnis online adalah solusi atas banyaknya pengangguran tanpa takut adanya PHK. Bagi yang belum mengenal tentang bisnis online atau mencari uang di internet, silahkan membaca terus artikel ini hingga akhir. Ini adalah artikel tentang mengenal belajar bisnis online untuk pemula.
Bisnis online sama saja dengan kerja offline artinya bisnis online juga membutuhkan kerja keras untuk bisa sukses dalam mendapatkan uang. Bahkan seorang marketer online senior , Cosa Aranda dari Surabaya mengatakan bahwa bisnis online itu berat, kalau ada yang mengatakan bisnis online itu mudah, itu adalah perkataan bohong. “…Sangat berat”, katanya . Perlu kerja keras dan pantang menyerah. Ia juga pernah mengatakan bahwa ia sangat terinspirasi dengan perkataan Jin Young seorang penulis novel persilatan serta pahlawan  kuno dari China, bahwa untuk menang kita harus berfikir di luar kotak ‘out of the box’. Maka bisnis online untuk sukses membutuhkan kerja keras bukan hanya sekedar hobi atau kerja sambil lalu.
Bisnis online, di mana orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan. Praktis, di mana orang dapat melakukan transaksi tanpa saling bertatap muka. Mereka cukup melakukan hanya dengan koneksi internet dan penjual biasanya menggunakan web/ blog. Bisnis online ini adalah memberi kesempatan bagi orang yang sibuk dengan pekerjaan, berangkat pagi pulang malam maka mere bisa berbelanja online, karena belanja online bisa dapat diskon dan bisa melihat-lihat dan memilih di situs toko online. Bagi orang yang ingin melakukan bisnis online, di bawah ini ada beberapa kelebihan bisnis online;
Pertama, bisnis online mempuyai target pasar yang luas. Setiap daerah yang bisa terakses dengan  internet, maka itu adalah kawasan target pasar anda. Jika internet sudah merambah keseluruh dunia,  artinya target pasar anda adalah seluruh pelosok dunia. Bukankah itu adalah motivasi besar bagi anda yang ingin memulai menjadi pebisnis online. Bandingkan jika anda hanya menjadi pebisnis offline, mungkin target pasar anda hanya kota anda atau propinsi anda. Lain urusan jika anda mempunyai modal yang sangat besar!
Kedua, fleksibilitas yang tinggi. Internet tidak pernah tutup dalam waktu 24 jam kecuali ada gangguan koneksi internet. Jika anda adalah pelaku bisnis online baik ketika anda sedang tidur, ketika anda sedang jalan-jalan bersama keluarga, atau sedang menghabiskan waktu bersama orang-orang yang anda cintai, maka toko online anda tetap bisa dikunjungi orang dan tetap bisa menghasilkan orang ibaratnya, bisnis online adalah seperti anda memelihara makhluk halus yang selalu menghasilkan uang untuk anda pada setiap waktu. Bisnis online bisa anda jalankan dengan part time atau full time. Ini cocok bagi anda yang sebagai mahasiswa atau ibu rumah tangga, sampingan atau penuh waktu.
Ketiga, bisnis online tidak perlu mempunyai modal yang besar. Seseorang yang ingin menjadi pebisnis online ia hanya cukup mempunyai koneksi internet. Berbeda dengan orang yang ingin menjalankan bisnis offline, ia harus mempunyai modal yang besar, mempunyai lapak atau tempat usaha, uang untuk membeli barang, transportasi dll. Di bisnis online anda hanya cukup mempunyai koneksi internet. Jika anda tidak mempunyai produk untuk dijual maka di internet juga disediakan barang yang akan dijual. Jika anda tidak mempunyai web, maka di internet juga disediakan blog gratisan; blogspot, wordpress, simplesite, Typepad, Posterous, Tumblr dan masih banyak lagi. Bagaimana pendapat anda? Apakah anda tertarik terjun menjadi pebisnis online?
Bisnis online bukanlah sebuah bisnis untuk cepat kaya. Banyak orang berhenti menjalankan bisnis online disebabkan jenuh dan tidak sabar ketika tidak mendapatkan uang. Dalam bisnis online sabar dan fokus untuk terus bekerja adalah kunci meraih kesuksesan, sama hal jika anda pernah menjalankan bisnis nyata yang kita lihat sehari-hari. Dalam bisnis online kita dituntut menjadi pembelajar, yakni mau belajar kepada senior baik dengan membaca atau tukar fikiran, mau belajar membaca situasi dan kondisi pasar. Mendulang uang dari internet memang layak bagi pekerja keras bukan bagi pemalas.
Sebelum anda melangkah untuk memulai bisnis online untuk pemula, pertama anda harus menentukan apa produk yang akan anda jual. Produk anda di sini bisa berupa barang fisik, barang digital, dan jasa. Contoh barang fisik adalah smartphone, mobil, motor dan lain sebagainya. Contoh barang digital adalah berupa jual ebook, menyediakan informasi, membuka kursus secara online, menjual software, dan contoh jasa adalah jasa pembuatan website, pembuatan artikel, jasa design website dan lain sebagainya.
Kedua, untuk memulai bisnis online bagi pemula adalah melakukan riset produk. Apa produk yang dibutuhkan orang? Saat ini apa produk yang sedang dicari orang? Produk apa yang cepat laku dan cepat perputarannya? Pertanyaan-pertanyaan itu bisa anda gunakan untuk melakukan riset produk. Intinya, anda harus tahu informasi tentang produk yang anda jual. Bagaimana kalau anda menjual barang sementara anda tidak tahu perihal barang yang anda jual, mudahnya kalau pembeli bertanya gimana?
Jika dalam browsing internet, bagi yang ingin memulai belajar bisnis online  untuk pemula, mereka pasti menemukan istilah-istilah yang asing yang mungkin tidak pahami oleh pemula. Istilah-istilah yang berkaitan dengan bisnis online memang tidak banyak dan tidak sulit dipahami, namun bagi pemula istilah-istilah itu harus dimengerti. Di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa istilah-istilah yang berkaitan dengan bisnis online, mungkin ini bisa membantu bagi awam yang belum mengerti.
·         Afiliasi, anda menjadi anggota dari sebuah perusahaan afiliasi untuk memasarkan produk.
·         Reseller, orang yang menjual suatu produk  dari sebuah website.
·         Referral, orang yang mengajak anda bergabung di sebuah website.
·         Resell rights, produk yang boleh anda jual kembali.
·         Master resell rights, produk yang boleh anda jual kembali dan anda boleh memberikan hak yang sama kepada konsumen anda.
·         Private label rights, produk yang isinya boleh anda edit kemudian anda jual.
·         Giveaway rights, anda diizinkan untuk memberikan produk itu kepada orang lain, tetapi orang tersebut tidak boleh menjualnya.
·         Branding rights, anda dapat merubah URL website, Nama, Link afiliasi suatu produk dengan milik anda sendiri.
·         Autoresponder, andalah penjawab email otomatis.
·         Subscribe/ unsubscribe, mendaftarkan diri anda ke sebuah mailing list dengan cara memasukkan nama, email anda pada sebuah website.
·         e-book, elektronik book. Buku yang tulisannya berupa digital.
·         e-zine, elektronik magazine. Majalah digital.
·         autosurf, program yang memberikan keuntungan sekian persen per hari atau per bulan namun anda  diwajibkan membuka website klien mereka setiap hari.
·         HYIP, High Yield Investment Program. Cara kerjanya yaitu anda menaruh sejumlah uang kepada sebuah website yang menjanjikan keuntungan sekian persen/ bulan atau per hari.
·         PTR, PTC & PTS Programs, adalah singkatan dari Pay To Read, Pay To Click, Pay To Sign Up. Ini adalah program dari website pemasang iklan.
·         E-gold, suatu alat pembayaran digital.
·         e-gold, mata uang seperti dolar, rupiah. Ini artinya tidak Negara satupun yang mengeluarkan mata uang itu, maka anda bisa menukarkan jika ingin menjadikan e-gold menjadi rupiah.
·         safelist, kumpulan pemasang iklan yang bergabung bersama dalam suatu group, dimana mereka bebas mengirim iklan ke seluruh member yang tergabung dalam safelist tersebut.
·         PAYOUT, waktu kita dibayar ketika sudah mencapai batas pembayaran.
·         PTC = Paid To Click, kita dibayar jika kita meng click
·         PPC = Pay Per Click, kita akan dibayar apabila ada iklan yang telah dipasang di web kita.
·         PPS = Pay Per Sale, kita mendapatkan bayaran jika kita menjual produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate.
·         PPL = Pay Per Lead, kita akan mendapatkan bayaran jika kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate.
·         CPC = Cost Per Click, sama dengan PTC.
·         CPM = Cost Per Million, kita akan dibayar jika iklan yang terpasang di web kita telah mencapai 1000 kali tampilan.

Kalau kata orang bisnis online bukanlah bisnis yang mudah itu benar. Namun bagi orang yang mengetahui potensi besar pasar bisnis online mereka akan mengandalkan bisnis online ini sebagai primadona. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pemula, supaya bisnis online mereka bisa berkembang dan bisa langgeng dan tidak berhenti di tengah jalan.
Pertama professional, dalam artian bahwa bisnis online yang anda jalankan ini memang fleksible, waktunya bebas tanpa ada ikatan. Namun anda tidak boleh meremehkan kerja bisnis online anda ini. Anda harus memperlakukan pekerjaan online ini layaknya bisnis besar lainnya secara professional. Bisnis online anda memang gratis memulainya namun bisnis ini hasilnya juga menjanjikan.
Kedua fokus. Tangan anda memang bisa memegang benda lebih dari satu. Semakin banyak anda memegang benda maka semakin sedikit kekuatan tangan anda dalam menjaga benda itu dari gravitasi. Artinya, jika anda memegang benda satu saja, otomatis resiko benda itu untuk jatuh sangat kecil karena anda bisa memaksimalkan kekuatan anda untuk menjaga benda itu. Begitu juga anda dalam menjalankan bisnis online ini, anda harus fokus dalam menjalankannya.
Ketiga adalah bersifat jujur, di mana sering kita mendengar penipuan belanja online. Kasus seperti itu jangan sampai anda menjadi pelaku atau ingin berbuat curang dengan klien. Ketika orang tahu bahwa anda penipu maka di internet berita itu bisa cepat tersebar dan anda tidak akan mendapat kepercayaan lagi dari orang lain. Sebenarnya sama saja dengan bisnis offline, kejujuran adalah modal utama diatas modal lainnya.
Keempat adalah bersikap pantang menyerah. Bisnis online memang kelihatannya mudah namun itu bukan berarti tanpa ada hambatan. Nah, ketika hambatan menghampiri perjalanan bisnis online anda, maka anda jangan berhenti dan menyerah. Anda jangan mudah menyerah begitu saja tanpa usaha mencari jalan keluar permasalahan. Anda harus menjadi orang yang tahan banting atau bermental baja. Jatuh di sini bangun di sana, jatuh di sana muncul lagi, itulah karakter pemenang.
Secara umum ada 4 model dalam mencari uang di internet yang akan saya sebutkan ini, mungkin paparan saya bermanfaat bagi yang akan mencoba bisnis online untuk pemula. Jika anda menginginkan yang lebih detil, saya sarankan anda mencari dalam artikel lain. Memang bisnis online itu luas namun menurut saya secara global, ya 4 ini sudah cukup memberi referensi bagi anda yang masih awam akan dunia bisnis online.
Pertama bisnis affiliate, di mana kita menjualkan produk orang lain, bisnis ini cocok bagi mereka yang ingin bisnis online namun tidak mempunyai modal. Situs yang terkenal dengan program affiliatenya yaitu amazon dan clickbank untuk yang internasional. Banyak juga situs-situs lokal yang mempunyai program affiliate. Jika anda ingin memilih situs affiliate, maka pilihlah situs yang pengunjungnya ramai sebab biasanya uangnya banyak.
Kedua bisnis reseler, yakni pada esensinya adalah sama dengan bisnis affiliate, di mana kita menjualkan produk orang lain. Namun model reseler ini, mengharuskan kita untuk membeli terlebih dahulu produk dari situs yang meyediakan barang, setelah itu baru kita bisa menjualnya. Komisi yang ditawarkan dari penjualan kita adalah 20% hingga 50%. Bisnis ini bisa dijadikan pertimbangan bagi anda yang ingin memulai bisnis online untuk pemula karena komisinya lumayan besar, namun model ini membutuhkan modal.
Ketiga menjual produk sendiri, nah model bisnis ini adalah bagi anda yang mempunyai keahlian. Jika anda mempunyai informasi atau data tentang suatu hal maka anda bisa membuat e-book kemudian anda bisa menjualnya melalui internet. Bisnis online model ini, anda harus memperhatikan pengirimannya dan garansi produkanda apabila barang rusak. Model e-book ini sangat disarankan bagi pemula karena pembuatannya mudah dan mengirimnya juga mudah.
Keempat publisher, model bisnis ini malah lebih mudah karena anda bisa memulainya dengan blog gratisan, kemudian anda mempublish informasi atau menulis artikel-artikel yang menarik yang dibutuhkan orang. Dari situ orang akan banyak yang berkunjung ke web/ blog anda. Pendapatan anda adalah dengan mendaftarkan web/ blog anda ke situs-situs penyedia advertising kemudian anda  menaruh link dari situs-situs  yang menyediakan advertising itu. Anda akan mendapatkan uang ketika link di web/ blog anda di klik orang.
Sampai di sini dulu artikel ini, saya berharap artikel ini bisa membuka pikiran orang yang kebingungan dalam mencari kerja. Dan, jika anda ingin memulai bisnis online namun masih bingung, karena banyak pertanyaan di otak anda. Saya harap tulisan saya di atas bisa menjadi referensi untuk pertanyaan-pertanyaan anda. Selamat berjuang dan sampai bertemu di artikel-artikel saya yang lain. 

description; artikel marjuki dari ngawi berjudul cara memulai bisnis online untuk pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar